05 February 2023
05 February 2023
21.6 C
Malang
ad space

Polinema Antisipasi Kecurangan Peserta Ujian SBMPN

MALANGVOICE – Politeknik Negeri Malang (Polinema) pastikan minim kecurangan yang dilakukan peserta ujian berbasis komputer untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) mulai 28 Juni – 1 Juli 2022.

Koordinator Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ahmadi Yuli Ananta mengatakan, pelaksanaan ujian dilakukan tiga sesi setiap hari. Waktu ujian dibatasi selama 100 menit.

“Dalam satu sesi ada 20 room dan masing-masing room berisi 25 peserta yang diawasi oleh 20 helpdesk dan 20 pengawas. Peserta yang mengikuti seleksi menyediakan perangkat handphone dan laptop/komputer,” katanya.

Untuk mengantisipasi kecurangan, peserta mengunduh aplikasi pengaman sebelum pelaksanaan ujian sehingga monitor peserta terkunci dan hanya bisa mengakses laman ujian.

Ahmad Yuli menambahkan, para peserta wajib memperlihatkan sekelilingnya sebelum mengikuti ujian. Hal itu untuk memastikan ruangan yang dipakai peserta sudah steril.

“Kami ingin memastikan ruangan peserta steril, artinya tidak ada orang lain atau alat bantu yang bisa membuat kecurangan saat ujian. Peserta juga direkomendasikan menghadap ke tembok,” lanjutnya.

Pudir I Polinema, Dr. Kurnia Ekasari, SE., MM., Ak., CA. mengatakan, SBMPN adalah seleksi penerimaaan mahasiswa baru untuk jenjang Diploma III. Jumlah peminat Jalur SBMPN POLINEMA tahun 2022 sebanyak 8.060 orang.

“Pada tahun ini, ada dua Prodi D-IV ikut di SBMPN yang baru saja upgrade dari jenjang D-III, yaitu Prodi D-IV Sistem Informasi Bisnis dan Prodi D-IV Bahasa Inggris untuk Industri Pariwisata,” katanya.

Sedangkan jumlah mahasiswa yang diterima di jalur SBMPN untuk kampus utama sebanyak 586 orang, PSDKU Kediri sebanyak 175 orang, PSDKU Lumajang sebanyak 70 orang dan 24 orang untuk PSDKU Pamekasan.

Pada jalur SBMPN ada tiga Prodi dengan peminat paling tinggi yaitu Prodi D-III Administrasi Bisnis, Prodi D-III Akuntansi, dan Prodi D-III Teknik Sipil

Setelah pelaksanaan SBMPN, Polinema akan membuka pendaftaran Jalur Mandiri yang seleksinya juga akan dilaksanakan secara daring.

Pendaftaran Jalur Mandiri akan dibuka mulai tanggal 9 Juli 2022 dan hasil ujian akan diumumkan di awal bulan Agustus.

“Namun apabila ada perubahan akan diumumkan lebih lanjut,” tutup Kurnia.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait