Peringatan Idul Adha 1438 H

Pemkot Batu Bentuk Tim Pengawas Hewan Kurban

Penjual hewan kurban di kawasan Kota Batu. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Pemkot Batu bersiap melakukan pengawasan peredaran hewan kurban jelang Idul Adha, 1 September mendatang. Pengawasan khususnya hewan kambing dan sapi.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendri Suseno mengatakan, persiapan pengawasan didahului dengan pembentukan tiga tim pengawas. Tim ini nantinya akan monitoring 8 titik pusat penjualan hewan kurban di Kota Batu. Titik penjualan tersebut data sementara yang didapat pihaknya.

“Pengawasan ini mulai tahapan cek kondisi kesehatan hewan sampai proses penyembelihannya,” kata Hendri ditemui MVoice, Kamis (24/8).

Tim tersebut, lanjut Hendri, akan ditempatkan satu ahli dokter hewan, guna pendampingan dalam memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban. Pengawasan akan lebih diperketat, utamanya, pasca penyembelihan. Tim akan memeriksa kesehatan daging kurban yang sudah dipotong itu sebelum didistribusikan.

“Contohnya yang kami antisipasi apabila ditemukan cacing pita dalam bagian organ hati sapi. Ini yang paling urgen dan sangat berbahaya bagi kesehatan,” urainya.

Dokter Hewan Dinas Pertanian Kota Batu, Lisa Dyah Andarini menambahkan, pihaknya akan mengadakan sejumlah pelatihan dan bimbingan teknis kepada 35 takmir masjid se-Kota Batu.
Materi bimtek meliputi cara pemotongan hewan kurban sampai teknik pencacahan daging.

“Kami akan mendatangkan pemateri dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Senin (27/8),” ujarnya.

“Terpenting lebih perhatian kepada kesejahteraan hewan. Intinya, pemotongan hewan tidak sampai membuat hewan ini menderita,” tandasnya.(Der/Ak)