Jelang Pilwali 2018 Kota Malang

PDIP Masih Buka Peluang Tokoh yang Tak Daftar Penjaringan

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur (Jatim), Sri Untari. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Tahapan penjaringan terbuka bakal calon wali kota dan wakil wali kota Malang masih dijalankan PDIP. Meski periode pendaftaran telah ditutup, namun partai berlambang banteng ini masih memberi peluang bagi para tokoh yang tidak mendaftar.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur, Sri Untari. “Potensi-potensi tokoh yang tidak mendaftar di kami tetap ada peluang. Semua masih dinamis,” ujarnya kepada awak media belum lama ini.

Dia bahkan menegaskan, sangat mungkin yang ditunjuk partai justru bukanlah para kandidat yang terdaftar. Sebab, lanjut Untari, keputusan akhir ada di tangan DPP.

“DPP punya kewenangan rekomendasi. Orang tidak mendaftar pun kalau diputuskan partai ya bisa saja,” tandas anggota DPRD Jawa Timur itu.

Pertimbangan kemungkinan itu antara lain memperhatikan aspirasi kader di tataran akar rumput. Konsep bottom up ini menjadi prioritas bagi PDIP untuk mendaratkan rekomendasi pada Pilwali 2018 mendatang.

“Kami berikan masukan ke DPP, harus muncul dari bawah,” lanjutnya. Di sisi lain, para kandidat yang telah terdaftar tetap dipertimbangkan. Proses itu sudah memasuki tahap fit and proper test serta psikotes.

“Ini jadi bahan pertimbangan. Elektabilitas berdasarkan survei juga dipertimbangkan. Misalnya, posisi incumbent seperti apa, calon-calon yang mendaftar ke kami bagaimana,” pungkasnya.(Coi/Yei)