Harga Cabai di Kota Malang Meroket

Pasokan Menipis, Harga Cabai di Kota Malang Capai Rp 105.000/Kg

Cabai di sejumlah pasar terus menanjak. (Muhammad Choirul)
Cabai di sejumlah pasar terus menanjak. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Harga cabai di Kota Malang kian melangit beberapa hari ini. Pantauan Mvoice di sejumlah pasar di Kota Malang, Kamis (5/1) kisaran harga komoditi ini beragam mulai Rp 80 ribu hingga Rp 105 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Besar, Agus Salim, membenarkan adanya lonjakan harga. “Selama tiga hari ini selalu ada kenaikan harga, rata-rata per hari naik Rp 5.000 per kilogram,” tambahnya.

Dia mengaku, kenaikan ini ditengarai menipisnya pasokan dan buruknya kualitas. Nominal Rp 105 ribu yang mendominasi harga pasaran saat ini, merupakan angka tertinggi sejak beberapa tahun terakhir.

“Kualitasnya agak jelek. Ini saya ambil dari Pasar Induk Gadang. Dari 10 kilogram, biasanya hanya sekitar 8 kilogram yang kualitasnya bagus, sisanya rusak jadi tidak bisa dijual,” imbuhnya.

Harga yang disebutkan di atas merupakan patokan bagi cabai rawit merah bertangkai. Sementara itu, harga cabai rawit hijau berkisar antara Rp 55.000 hingga Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai besar merah masih stagnan Rp 24.000 per kilogram.