Kota Malang Memilih Pemimpin

Paslon Sae Siapkan Resep Atasi Macet di Kota Malang

Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kemacetan masih menjadi momok warga di Kota Malang. Di jam sibuk atau akhir pekan, tumpukan kendaraan terjadi di mana-mana. Masalah itu menjadi perhatian calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji-Sofyan Edi.

Dari data yang didapat, kemacetan lalu lintas kota Malang menempati urutan ketiga secara nasional setelah DKI Jakarta dan Kota Bandung.

Setiap hari lebih dari 111.000 kendaraan bermotor roda empat lebih dan hampir 450.000 sepeda motor harus beradu cepat di atas jalan raya sepanjang 184 km. Berarti setiap kilometer jalan harus menerima beban 600 kendaraan bermotor roda empat keatas dan 2.450 sepeda motor. Nyaris tidak ada ruang lagi.

Menurut Sutiaji, perlu adanya restrukturisasi kota dengan membangun jalan baru yang bisa menghubungkan wilayah tertentu.

“Konsep ring road (jalan lingkar) bisa diimplementasikan di Kota Malang. Dengan adanya ring road kepadatan kendaraan di pusat kota bisa dikurangi, terutama kepadatan akibat para pengendara atau pelintas antar kota,” kata paslon nomor urut 3.

Sementara itu, pasangan Sutiaji di Pilwali Kota Malang 2018, Sofyan Edi Jarwoko, mempunyai gagasan akan menata ulang lalu lintas dalam kota dengan berkoordinasi seluruh pemerintah Malang Raya.

“Karena Kota Malang berada di tengah kota Batu dan kabupaten Malang,” tutup Bung Edi sapaan akrabnya. (Der/Ery)