HUT ke-16 Kota Batu

Mohon Keselamatan Kota Batu, Dewanti-Punjul Ziarah 4 Penjuru

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso, Wali Kota Batu Terpilih 2017-2022 Dewanti Rumpoko dan jajaran pimpinan OPD Pemkot Batu ziarah di Petilasan Tunggulwulung, Dusun Tutup, Desa Torongrejo, Senin siang (16/10). (Aziz Ramadani)
Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso, Wali Kota Batu Terpilih 2017-2022 Dewanti Rumpoko dan jajaran pimpinan OPD Pemkot Batu ziarah di Petilasan Tunggulwulung, Dusun Tutup, Desa Torongrejo, Senin siang (16/10). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Jelang detik-detik HUT ke-16 Kota Batu, Selasa esok (17/10), Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Wali Kota Batu Terpilih 2017-2022 ziarah alias bedah krawang. Ada empat titik tempat yang disakralkan jadi tujuan ziarah.

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, ada empat tempat yang dianggap mayoritas masyarakat Kota Batu sebagai pinisepuh (yang dituakan) atau sebagai cikal bakal Kota Batu.

Keempat tempat yang menjadi tujuan ziarah dan doa di antaranya, pertama Mbah Patok di Candi Supo, Songgoriti, kedua makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan, ketiga Petilasan Tunggulwulung, Dusun Tutup Desa Torongrejo, dan terakhir makam Mbah Mbatu di Bumiaji.

“Ini bukan syirik. Sebagai adat Jawa sudah menjadi budaya ziarah mendoakan leluhur,” kata Punjul ditemui MVoice di sela-sela ziarah di Petilasan Tunggulwulung, Desa Torongrejo, Senin (16/10).

Punjul menambahkan, momen peringatan HUT ke-16 Kota Batu ini memang digelar sangat sederhana. Sebab, menurutnya, Pemkot Batu masih dalam suasana berkabung. Terutama akibat Wali Kota tak aktif, Batu Eddy Rumpoko yang terlilit hukum kasus dugaan korupsi senilai Rp 200 juta. ER kini menjadi tahanan KPK dan menjadi tahanan di Rutan Cipinang.

“Hal perayaan besifat hiburan atau mengundang artis ditiadakan,” sambung Politisi PDI Perjuangan ini.

Punjul menambahkan, rangkaian wujud syukur dan spiritual hari ini dimulai dengan khataman Al Quran di Masjid Brigjen Soegiyono. Kemudian ziarah empat penjuru, doa lintas iman dan terakhir tasyakuran menjelang hari jadi Kota Batu. Seluruh rangkaian kegiatan terpusat di Balai Kota Among Tani Kota Batu ini tujuan utamanya tidak lain memohon dijauhkan dari masalah dan petaka.

“Agar Kota Batu ke depan lebih baik lagi,” pungkas pria juga menjabat Ketua PMI Kota Batu ini.(Der/Aka)