Menawan N1

Menawan Siap Beri Wadah untuk Musisi Kota Malang

Calon Wali Kota Malang, Ya'qud Ananda Gudban saat berkampanye. (istimewa)
Calon Wali Kota Malang, Ya'qud Ananda Gudban saat berkampanye. (istimewa)

MALANGVOICE – Pasangan Nanda-Wanedi (Menawan) kini gencarkan salah satu program andalannya yakni mengembalikan Kota Malang sebagai barometer musik tanah air.

Menurut Calon Wali Kota Malang, Dr Ya’qud Ananda Gudban, sebenarnya Kota Malang tercatat sebagai gudangnya seniman, musisi dan penyanyi yang berkibar di blantika musik Indonesia.

Silih berganti tumbuh berkembang seiring berjalannya waktu. Tak heran jika Kota Malang ini layak dijadikan sebagai barometer musik di Indonesia.

Hal ini terbukti dengan banyaknya band-band indie asal Malang dari berbagai genre musik mualai dari pop, rock, punk, jazz yang namanya cukup dikenal dalam industri musik, diantaranya: Beeswax, Babirusa, Crimson Diary, Intenna, Shewn, Write the Future, Equinox, dsb.

Perempuan yang akrab disapa Nanda, dalam hal ini dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi perkembangan industri musik di Kota Malang.

Walaupun demikian, Nanda menyangkal jika Kota Malang harus bekerja keras untuk bisa lebih unggul dari Kota Bandung dan Jogja untuk bisa melahirkan musisi-musisi papan atas di belantika musik tanah air.

Namun, ia yakin dengan banyaknya band-band indie yang bermunculan, seperti Equinox yang baru-baru ini mengharumkan Kota Malang dalam ajang Jazz Band Wanted.

“Ini bisa dikatakan jika industri musik di Kota Malang mulai naik kembali. Selain itu, kita berupaya memberi ruang/wadah untuk publikasi maupun label rekaman untuk para musisi ini. Namun, mereka ini juga harus terus membuat inovasi-inovasi untuk bisa bersaing di industri musik nasionalr,” ujarnya.

Selain itu, Nanda menambahkan perlu adanya untuk menghidupkan komunitas-komunitas musik di Malang ini sebagai wadah mereka untuk bisa berbagi dan berkreasi dengan para pecinta maupun penikmat musik.

“Karena disini lah awal mula temen-temen bisa menjaring musisi-musisi muda berbakat,” tandasnya.(Der/Aka)