Mbois! SMP PGRI 3 Malang Sabet Juara di Wagir Drumband Competition 2018

Tim drum band SMP PGRI 3 Malang. (Istimewa)
Tim drum band SMP PGRI 3 Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Siswa SMP PGRI 3 Malang menoreh prestasi di bidang musik. Tim drum band SMP PGRI 3 Malang menjadi juara 1 pada Wagir Drumband Competition (WDC) #2 2018, yang digelar Pengurus Wilayah Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kecamatan Wagir, Minggu (4/3).

Pelatih drum band SMP PGRI Malang 3, Widianto, mengatakan, upaya menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan mahir dalam memainkan alat musik. Ditemani asisten, Yuniarsih, Widianto mengaku setiap latihan harus di dasari rasa senang dan ikhlas.

“Untuk mendapatkan output yang berkualitas tidak bisa dibentuk secara instan, dan terkesan terburu-buru, perlu melihat latar belakang anak, skill bermusik, serta kepekaan filling tim dalam memainkan alat drum band dan yang tidak kalah penting adalah setiap melakukan latihan harus didasari dengan rasa senang dan ikhlas agar beban yang terasa berat menjadi ringan,” katanya.

Usaha dan kerja keras tanpa mengenal lelah itu pun akhirnya terbayarkan. Kegiatan tersebut diikuti 40 kontingen dengan rincian 30 tingkat TK dan SD, serta 10 tingkat SMP se-Malang Raya. Dari hasil penjurian dapat diketahui bahwa SMP PGRI 3 Kota Malang memperoleh nilai tertinggi dari beberapa kategori antara lain; The best field co klasement SMP elektrik, The best general effect klasemen SMP elektrik, The best visual performance klasement SMP elektrik, The best music analysis klasement SMP elektrik, The best paramanandi klasement SMP elektrik, The best mayoret klasement SMP elektrik

Yang paling membanggakan adalah SMP PGRI 3 Kota Malang keluar sebagai juara 1 dari klasemen SMP elektrik. Untuk menyemangati para siswa yang berkompetisi 6 guru dilibatkan di dalamnya.

Yuniarsih menambahkan, anak-anak digembleng latihan sebanyak 3 kali dalam sepekan setelah pulang sekolah sehingga tidak menganggu jam pelajaran. Orangtua dari personel drum band pun sangat antusias mendampingi anaknya yang ditunjuk untuk mewakili sekolah untuk mengikuti kompetisi.

Di tempat terpisah, Kepala Kesiswaan SMP PGRI 3 Malang, Fitria Rahma mengungkapkan, dengan prestasi yang diraih ini maka menjadi amunisi tersendiri bagi SMP PGRI 3 Malang dalam menggait calon siswa baru pada tahun ajaran 2018/2019. (Der/Ery)