Laporkan Evaluasi 106 Indikator Program, Pj Wali Kota Malang Dapat Apresiasi Tim Kemendagri

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. (Istimewa)

Evaluasi Triwulan Ketiga, Kinerja Wahyu Hidayat Pimpin Kota Malang Tuai Apresiasi Luar Biasa

MALANGVOICE – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan pejabat lain mendapat apresiasi dari tim evaluator Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Pujian itu diterima usai penyampaian Laporan Kinerja Pj Wali Kota Malang untuk Triwulan III di Kantor Itjen Kemendagri, Jakarta, Senin (8/7).

“Langkah-langkah dan tahapan-tahapan yang menjadi tanggungjawab saya dalam menjalankan amanah sebagai Penjabat Walikota Malang, dapat saya laksanakan dengan baik. Alhamduillah untuk evaluasi saya di triwulan ketiga ini mendapat apresiasi yang tinggi oleh semua evaluator,” ucap Wahyu. Sebagai informasi, selama tiga kali mengikuti evaluasi kinerja triwulan oleh Itjen Kemendagri, kinerja Wahyu selalu mendapat apresiasi tinggi.

“Dan tentu apa yang kami lakukan ini adalah berkat kolaborasi bersama; saya, Pak Sekda dan semua unsur di Pemerintah Kota serta dukungan masyarakat Kota Malang sehingga mendapat apresiasi yang luar biasa. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas sinergi dan kerja kerasnya,” lanjut Wahyu.

Di hadapan 14 orang evaluator, Wahyu dengan didampingi Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso dan tim dari Kepala OPD memaparkan Laporan Evaluasi Kinerja Pj. Walikota yang terdiri dari 106 indikator termasuk di dalamya program prioritas, antara lain pengendalian inflasi, stunting, BUMD, Layanan Publik, Pengangguran, Kemiskinan Ekstrem, kesehatan, serapan anggaran, kegiatan unggulan dan perizinan.

“Mereka (evaluator, red) mengapresiasi terkait pengendalian inflasi. Inflasi yang sudah kita lakukan sampai dengan saat ini, secara nasional kita masuk dalam 10 kota dengan inflasi terendah. Kemudian juga ada beberapa tanggung jawab kami dari stunting, pengangguran terbuka,” bebernya.

Selain itu Wahyu menyebut keberhasilan Kota Malang meraih terbaik nasional pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah juga menuai apresiasi tersendiri. “Yang terakhir, tim evaluator juga mengapresiasi karena kita berhasil membawa Kota Malang mendapatkan penghargaan tingkat nasional, melalui PPD yang saat itu diberikan langsung oleh Bapak Presiden. Ini menjadi suatu apresiasi yang positif untuk Pemerintah Kota Malang,” urainya.

Sementara itu, Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso, menyebut bahwa evaluasi ini rutin dilaksanakan untuk Penjabat Kepala Daerah setiap tiga bulan sekali oleh Itjen Kemendagri.

“Dari evaluasi yang pertama, kedua dan ketiga; apresiasi-apresiasi positif selalu disampaikan oleh para evaluator. Ini menunjukkan bahwa Pemkot Malang di bawah komando Bapak Pj. Walikota Wahyu progres kinerjanya semakin meningkat dan berkualitas,” tandas Erik.(der)