Kreavi.com, Tempat ‘Nongkrong’ untuk Pekerja Kreatif Digital

Web Kreavi.com (ist)
Web Kreavi.com (ist)

MALANGVOICE – Pekerja kreatif visual Indonesia memiliki tempat kumpul virtual di sebuah situs web jejaring sosial buatan lokal. Mereka bisa memamerkan karya lewat fitur galeri, bahkan mencari peluang pekerjaan dari situs ini.

Adalah Kreavi.com, sebuah situs web jejaring sosial dan marketplace untuk pekerja kreatif visual Indonesia. Kreavi dikembangkan oleh Benny Fajarai sejak Desember 2011. Kini, Kreavi telah memiliki 3000 lebih pengguna. Kreavi merupakan salah satu start up yang sukses dan sempat dibina perusaan Kibar, milik Yansen Kamto.

Benny, yang lahir di Pontianak, 27 April 1990 silam, hendak membuat sebuah “kapal” yang menyatukan seluruh bidang industri kreatif visual di Indonesia. Para pelaku industri periklanan, animasi, arsitektur, sinematografi, seni rupa, fotografi, hingga web desain, semuanya bisa bergabung dan saling terhubung di Kreavi.

BNN Kota Malang

Sistem pertemanan di Kreavi mirip seperti Twitter, menggunakan sistem follow dan follower. Pengguna bisa mem-follow pengguna lain yang memiliki karya visual berseni tinggi atau yang sesuai dengan minatnya.

Di Kreavi, pengguna bisa memperlihatkan karya visual buatannya dalam galeri virtual. Di sana pengguna bisa membuat album untuk mengkategorikan karya.

Besar harapan Benny agar pengguna mendisplinkan diri untuk mengunggah karya visual buatan mereka sendiri, dan tidak melakukan pencurian karya. Ini semata dilakukan agar seorang pekerja kreatif memiliki nilai ekonomi tinggi.

Jika mengalami stagnasi ide, pekerja kreatif tinggal mengunjungi Kreavi untuk melihat ide-ide cemerlang. Inilah salah satu misi Benny mendirikan Kreavi, agar para pengguna memberi umpan balik, berkomentar, atau bertukar pikiran.

Selain itu, halaman marketplace di Kreavi mirip seperti pasar virtual, yang mempertemukan pekerja kreatif dengan pihak perusahaan atau agensi. Di sinilah peluang bisnis tercipta.

Sementara itu, perusahaan yang membutuhkan seorang pekerja kreatif visual, juga bisa mencari talenta kreatif di marketplace Kreavi. Bahkan, perusahaan juga bisa dimungkinkan mempublikasikan info lowongan kerja.