HUT ke-103 Kota Malang

Ketua DPRD: Murni Partisipasi Masyarakat, Pesta Rakyat Tidak Dibiayai APBD!

Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono. (Muhammad Choirul)
Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono, geram atas kritik sejumlah anggotanya terkait rencana digelarnya Pesta Rakyat Bersama, dalam rangka peringatan hari jadi ke-103 Kota Malang, April mendatang. Dia menegaskan, kegiatan itu murni berlangsung atas keinginan dan partisipasi masyarakat.

“Ini murni dari berbagai lapisan masyarakat menghubungi, kami bersama Sekretaris DPRD memfasilitasi. Acara ini tidak memakai biaya APBD sedikit pun,” kata politisi PDIP itu kepada MVoice, Selasa (28/3) malam.

Dengan begitu, dia menampik anggapan kontra-efisiensi terkait gelaran ini. Arief menambahkan, semua fraksi juga telah diundang dalam pemaparan acara itu. Terkait ketidaktahuan beberapa fraksi, dia menilai, anggota yang bersangkutan kurang pro-aktif.

“Memang anggota dewan tidak dilibatkan dalam kepanitiaan, masa mereka mau masuk kepanitiaan? Apa mau bekerja? Tapi penyelenggara tentu saja ingin DPRD mendukung acara ini,” tandasnya.

Arief kembali menegaskan, DPRD mendukung penuh ajang ini. Sebab, salah satu peran penting legislatif ialah turut mendorong dan menangkap partisipasi aktif masyarakat.

“Semua pihak yang terlibat seperti TNI-Polri, NU, serta seniman dan budayawan, termasuk BNN dan beberapa institusi bidang kesehatan, bergotong royong urunan. Mereka nyumbang bukan berupa uang, tapi langsung tenaga atau barang untuk doorprize dan segala macam. Ini perlu kami tangkap dan terus diapresiasi,” tandasnya.