Kunjungan Wali Kota Fuqing

Kerjasama Kota Malang dan Fuqing Jadi Tonggak Sejarah

Pemkot Malang menerima kunjungan Wali Kota Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok. (Muhammad Choirul)
Pemkot Malang menerima kunjungan Wali Kota Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Jalinan kerjasama antara Pemkot Malang dan Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok, menjadi tonggak bersejarah. Hal ini diakui Wali Kota Fuqing, Zhang Fan saat dijamu di Balai Kota Malang,Senin (17/4).

“Penandatanganan persahabatan ini merupakan tonggak bersejarah hubungan bilatetal dua kota,” ungkapnya.

Zhang Fan mengatakan, kehadirannya di sini mewakili Komite di Fuqing serta 1,35 juta penduduk untuk kerjasama dengan Kota Malang. Dia menjelaskan, Fuqing memiliki sumber daya alam sangat besar di samping sumber dana masyarakat yang cukup melimpah.

“Wilayah kami merupakan salah satu daerah dengan perkembangan ekonomi yang paling bergairah di Tiongkok,” imbuhnya.

Hubungan Kota Malang dengan Fuqing, lanjut Zhang Fan, sudah terjalin dengan sangat erat, hal itu ditunjukkan dengan banyaknya warga dari daerah itu yang merantau ke beberapa negara khususnya termasuk di Kota Malang.

“Sejak tanggal 15 Desember 2015 rombongan dari Kota Malang sempat berkunjung ke Fuqing mengadakan kunjungan kerja dan menandatangani nota kesepahaman kedua belah pihak,” kata Zhang Fan.

Tak hanya itu, Zhang Fan menambahkan, berdasarkan rekomendasi bidang urusan perantauan di Fuqing, maka disepakati untuk meningkatkan hubungan dari kerjasama persahabatan memasuki tahap menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Ini sekaligus melambangkan pertukaran dan kerjasama memasuki era baru yang lebih luas dan lebih mencapai sasaran. Apalagi saat ini Fuqing sedang memasuki tahap perkembangan yang cepat,” urainya.