Kembangkan Wisata Pantai, Ini Program Pemkab Malang

Wisata Pantai Modangan, Desa Sumberoto, Kec Donomulyo, yang memiliki Paralayang Moon. (Istimewa)

MALANGVOICE -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tampak serius untuk mengembangkan sektor wisata pantai.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang HM Sanusi, mengatakan, Pemkab Malang bakal mengalokasikan anggaran untuk membangun infrastruktur menuju tempat wisata guna meningkatkan jumlah wisatawan yang ingin ke Malang.

“Untuk itu, Pemkab Malang akan memberikan alokasi dana untuk pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata pantai, salah satunya pantai Modangan di Desa Sumberoto, Donomulyo,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Pantai Modangan, kata Sanusi, selain memiliki keindahan pantai juga sebagai tempat Paralayang Moon.

“Nantinya, paralayang bisa dilakukan pada malam hari atau paralayang moon, tapi pada saat bulan purnama. Sehingga Indonesia sebagai negara kedua setelah Australia yang memiliki wisata pantai yang bisa digunakan paralayang pada malam hari,” jelasnya

Agar Pantai Modangan menjadi destinasi wisata unggulan, Pemkab Malang, akan menggandeng akademisi dan investor untuk mengembangkan wisata pantai Modangan.

“Pihak akademisi yang akan melakukan pendampingan untuk mengembangkan wisata di Kabupaten Malang, dan saat ini sudah ada yang bersedia yaitu Universitas Islam Malang (Unisma). Dengan begitu, diharapkan akan mampu mendongkrak pengembangan wisata Pantai Modangan,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof Dr H Masykuri mengatakan, sebelum melakukan pengembangan wisata pantai Mondangan terlebih dahulu harus memiliki grand design atau rancangan yang besar, serta network atau jaringan untuk mengenalkan Pantai Modangan ke investor.

“Ada empat point yang harus dijadikan kajian, sebelum mengenalkan Pantai Modangan ke investor, yaitu membuat landscape, membenahi sosiologi masyarakat, mengenalkan budaya masyarakatnya, dan mengenalkan kuliner khas yang ada di sekitarnya,” ungkapnya

Selain itu, lanjut Masykuri, di Pantai Modangan juga harus ada cottage, agar wisatawan bisa bermalam. Karena keindahan pantai tersebut tidak hanya pada pagi dan siang hari saja, tapi keindahannya juga bisa dinikmati pada malam hari. Apalagi ada Paralayang Moon seperti di Sidney, Aurtralia. Sehingga itu sebuah modal untuk bisa mengembangkan wisata Pantai Modangan, dan dirinya mendukung dan siap melakukan pendampingan.

“Apalagi, Kabupaten Malang ini sudah dikenal dengan 1000 pantai, sehingga Pemkab Malang harus betul-betul serius dalam membangun sarana parasarananya, terutama infrastruktur jalan yang menuju tempat wisata pantai,” tandasnya. (Hmz/ulm)