Karya Dosen Ini Bisa Gantikan Gelatin dalam Pembuatan Yogurt

Yogurt pati talas karya dosen Unikama, Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih SPt MP (Tika)
Yogurt pati talas karya dosen Unikama, Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih SPt MP (Tika)
Article top ad

MALANGVOICE – Dosen Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Aju Tjatur Nugroho Krisnaningsih SPt MP menciptakan bahan nabati yang digunakan sebagai pengganti gelatin. Dia mengubah pati umbi talas menjadi stabilizer yang digunakan membuat yogurt.

“Biasanya untuk stabilizer digunakan gelatin. Tapi kan mahal dan juga barang impor, jadi saya berinisiatif meneliti umbi talas dan mengubahnya menjadi stabilizer,” kata dia saat ditemui di ruangannya, Rabu (29/3).

Perempuan yang biasa disapa Ayu ini menjelaskan, umbi talas memiliki senyawa amilosa dan amilopektin. Amilopektin mencegah terjadinya sineresis atau pemisahan cairan dengan gel.

“Pati talas ini mengandung amilosa yang berfungsi untuk menyerap air, sementara amilopektin untuk mencegah sineresis. Sehingga, kedua senyawa ini dapat mengentalkan susu dan menjadi yogurt,” imbuh perempuan asal Mojokerto itu.

Dia menambahkan, talas dipilih karena ukuran granula (butiran kecil dan halus pada sel) yang lebih kecil. Sehingga, mampu menyerap air dengan sempurna dan semakin homogen.

“Yogurt semakin bisa mencampur dengan baik, kekentalannya sempurna. Tidak ada bedanya dengan yang ada di toko,” tegas Ayu.

Dia bercerita, tahun 2015 dia mengajukan bantuan kepada Kemenristek Dikti untuk pendanaan penelitian ini. Kemudian, dana didapatkan tahun 2016.

“Sekarang penelitian lanjutan,” tegas dia.