Kapolres Malang Ajak Masyarakat Pertahankan Gotong Royong

Kapolres Malang Saat memberikqn bantuan di Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang. (Humas)

MALANGVOICE – Jajaran Polres Malang menggelar bakti sosial menyerahkan santunan ke warga Dusun Gunung Tumpuk, Sidoluhur, Lawang dalam rangka Hari Bhayangkara ke 72, Senin (28/5)

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menyampaikan, kegiatan ini sangat diharapkan bisa membantu masyarakat dan sebagai bentuk kepedulian anggota Polri.

Ia pun mengajak masyarakat juga peduli terhadap sesama. Sebab, ciri khas masyarakat Indonesia memiliki budaya gotong royong, saling mendukung dan membantu yang harus terus dipertahankan. Prilaku gotong royong dan saling menolong juga merupakan salah satu dari rasa sensitif.

BNN Kota Malang

“Misalnya, bila ada tetangga kita yang tidak mampu, ya ayo kita bantu. Rasa inilah terus tetap dipertahankan dan dipupuk. Sebab hanya dengan gotong royong itu, sensitivitas akan tetap terbangun dan dampaknya kepedulian dengan lingkungan juga akan terus berkembang,” jelasnya.

Selain itu, tambah Yade, sensitif dalam bidang keamanan juga harus dipertahankan, karena dapat menimbulkan suasana yang aman dan kondusifitas.

“Peduli lingkungan perlu, sebab jikalau ada tetangga yang aneh-aneh, segera laporkan. Semakin kita cepat mengambil tindakan, maka tidak akan sampai mencoreng nama baik wilayah kita sendiri,” tegas Yade.

Di kesempatan ini, Yade juga mengingatkan, bahwa sebulan lagi ada Pilgub, tepatnya tanggal 27 Juni 2018. Ia berpesan, berbeda boleh-boleh saja, tetapi kerukunan antar sesama tetap dipertahankan. Prinsipnya pemilu tetap berjalan, kekeluargaan tetap, toleransi juga tetap berjalan.

“Jangan ada eker-eker hanya karena berbeda dukungan, kita ingin hidup rukun, aman, sejahtera dan kondusif. Dan yang terpenting jangan sampai termakan isu berita bohong (hoax) yang bisa memecah belah masyarakat,” pintanya.

Kegiatan penyerahan ini selain dihadiri Kapolres Malang juga perwakilan Laziz NU Jawa Timur, para pejabat Muspika Kecamatan Lawang, serta para kepala desa se Kecamatan Lawang. (Der/Ery)