Jembatan Penghubung Dua Kampung di Pagak Runtuh

Kondisi jembatan penghubung dua kampung yang putus akibat terpaan air sungai yang meluap. (Istimewa).
Article top ad

MALANGVOICE – Warga Dusun Krajan, RT 12 dan RT 20, RW 06 Desa Sumbermanjing Kulon, Pagak harus rela memutar sejauh 2 Kilometer lantaran jembatan penghubung dua kampung runtuh.

Ketua RT 20 RW 06, Sunardi mengatakan, jembatan sepanjang 50 meter ini runtuh akibat hujan deras yang terjadi Rabu (23/1) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

“Warga kampung sebelah untuk menuju ke kampung sini (Rt.12) harus memutar sejauh sekitar 2 kilometer. Begitu juga dengan sebaliknya. Tapi dalam kejadian ini, beruntung tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Kejadian runtuhnya jembatan penghubung tersebut, lanjut Sunardi ketika hujan deras yang mengguyur daerah pagak. Jembatan itu, dibangun pada tahun 2015 lalu. Sebelum runtuh, memang sudah ada tanda-tanda. Pondasi jembatan retak dan mulai terkikis.

“Namun selama ini belum ada perhatian dari pemerintah, hingga akhirnya jembatan itu runtuh,” jelasnya.

Sementara, Kepala Desa Sumbermanjingkulon Karyuti menyampaikan, dengan runtuhnya jembatan ini, sekitar 8 ribu warga terdampak.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Malang segera melakukan perbaikan jembatan itu, karena dimanfaatkan warga, terlebih lagi jembatan tersebut digunakan anak-anak untuk menuju ke sekolah di desa setempat,” tandasnya.(Hmz/Aka)