Jelang USBN SD SMP, MGMP Kota Malang Siapkan Soal

Guru membuat soal USBN. (Anja a)
Guru membuat soal USBN. (Anja a)

MALANGVOICE – Agenda pelaksanaan Ujian Berstandar Nasional (USBN) semakin dekat. Tapi prosedur Operasional Standar (POS) USBN belum keluar. Kelompok Kerja Guru (KKG) berinisiatif merancang naskah soal untuk mengantisipasi mepetnya waktu terbit POS dengan USBN.

Pengawas Sekolah Dasar (SD) Kota Malang, Zainullah mengatakan, meski POS belum keluar, ternyata sudah beredar kisi-kisi soal USBN untuk mata pelajaran (mapel) Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

“Sudah ada patokannya untuk pembuatan soal itu. Jadi panduan untuk guru juga. Dalam soal USBN, 20-20 persen soal dari pusat, sisanya yang 75-80 persen itu dari KKG SD,” kata dia kepada MVoice.

Terpisah, Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan(Dindik) Kota Malang, Dpdik Teguh Pribadi, menambahkan, nilai tiga mapel itu menjadi acuan masuk SMP nantinya. Demikian, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Malang juga sedang menyelesaikan soal USBN SMP.

Ada 75-80 persen soal USBN dibuat MGMP. Khusus jenjang SMP, seluruh mata pelajaran menjadi USBN. Kecuali Penjaskes, Bahasa Jawa, dan Kesenian. Soal ini juga termasuk soal untuk sekolah MTs. Namun, khusus soal agama akan dibuatkan oleh Kementerian Agama.

“Tim MGMP masing-masing mapel mulai bekerja pada Februari 2018. Dan kami selesaikan paling maksimal akhir Februari,” pungkasnya. (Der/Ery)