Jelang Mudik, MPM Honda Ajarkan Jurnalis Wanita Berkendara dengan Aman

Pelatihan safety riding MPM Honda kepada Jurnalis Wanita Malang di Hotel Grand Cakra. (Lisdya Shelly).

MALANGVOICE – Jelang arus mudik dan arus balik lebaran, MPM Honda mengajak jurnalis wanita untuk safety riding, Sabtu (26/5).

Para jurnalis wanita ini diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara, sebab ada tiga faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yakni, manusia, kendaraan, kemudian lingkungan dan cuaca.

Akan tetapi, menurut Instruktur Safety Riding MPM Honda, Dionisisus Misidianto, lebih dari 90 persen kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor manusia.

BNN Kota Malang
Pelatihan safety riding MPM Honda kepada Jurnalis Wanita Malang di Hotel Grand Cakra. (Lisdya Shelly).

“Safety riding itu penting. Bukan hanya sekadar memakai helm, sepatu, celana panjang, sarung tangan dan atribut berkendara lainnya. Tapi juga merupakan bentuk dari perilaku berkendara yang aman dan nyaman bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain,” jelasnya dalam agenda pelatihan safety riding dan buka bersama untuk jurnalis wanita di Hotel Grand Cakra.

Untuk itu ada tips sebelum berkendara. Di antaranya berdoa, pastikan kondisi badan sehat baik fisik maupun mental dan pemanasan sebelum berkendara.

Selain edukasi untuk aman berkendara, peserta juga diajak untuk praktik berkendara langsung di area. “Kami ingin berikan edukasi untuk lebih waspada dan tetap mengutamakan keselamatan di jalan,” ujar Corp Communication MPM, Nur Azizah.

Pada akhir acara ditutup dengan foto bareng dan buka bersama. (Der/Ery)