Pilkades Serentak Kabupaten Malang

Jelang Masa Kampanye, DPMD Minta Cakades Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Eko Suwanto

MALANGVOICE – Calon Kepala Desa di Pilkades serentak 30 April mendatang, akan menjalani masa kampanye selama tiga hari.

Masa kampanye berlangsung H-6 sampai H-3. Nantinya setiap calon diperbolehkan turun ke masyarakat, menyampaikan visi, misi dan programnya.

“Terpenting, selama kampanye, calon harus mampu memberi pendidikan politik ke masyarakat, sehingga mereka terketuk dan mau datang ke TPS,” kata Kadinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Eko Suwanto, kepada MVoice.

Setelah itu, diharapkan masyarakat memilih karena program yang ditawarkan masing-masing calon dan bertujuan memajukan desanya.

Jangan sampai, lanjut Eko, selama kampanye, menjatuhkan calon lainnya, apalagi sampai menghasut masyarakat.

“Ini kan pesta demokrasi. Biarlah masyarakat memilih dari hati nurani. Ciptakan Pilkades yang damai, aman dan sejuk, tidak sampai ada pertikaan antar calon,” tegasnya.

Sekadar diketahui, terdapat 57 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades di Kabupaten Malang. Pilkades berlangsung 30 April.

Ditambahkan Eko, selama masa tenang pihaknya mengimbau setiap calon agar tidak berkampanye. Kegiatan calon diperbolehkan selama tidak menyalahi aturan dari panitia Pilkades.

“Jangan sampai hari tenang, bagi-bagi uang, sembako. Ini awal dari adanya konflik dan gesekan apabila dilakukan salah satu calon,” paparnya.