Malang Tempo Doele

Jajan hingga Mantan Jadoel, 6 Hal Unik Ini Bisa Ditemui di Festival MTD

Barang antik di Malang Tempo Doeloe. (Anja a)
Barang antik di Malang Tempo Doeloe. (Anja a)

MALANGVOICE – Festival Malang Tempo Doeloe (MTD) menjadi agenda paling ditunggu. Saking istimewanya, MTD selalu dirindukan oleh pengunjung dari Malang bahkan luar Malang. Keunikan-keunikan yang bisa pengunjung temui bermacam-macam. Itu menjadi daya tarik MTD tiap tahunnya. Apa saja? Simak rangkuman MVoice berikut.

1. Jajanan Lawas
Jangan ditanya lagi, kalau ini memang daya tarik utama MTD. Kapanlagi kamu bisa menikmati jajanan lawas semisal gethuk, permen gulali, kembang gula, kucur, dan berbagai menu makanan lawas. Ada pula es kopyor dan es kolak. Bukan hanya jajanan lawas, martabak, sosis bakar, cilok juga ada disini. Dijamin ‘wareg’

2. Barang & Mainan Antik
Di MTD juga dijual berbagai macam barang antik lho. Ada radio jadul, perabotan jadul, mainan jadul, pakaian jadul, foto-foto hitam putih dan surat lama jaman proklamasi. Kamera lawas yang masih terawat dengan baik, koleksi perangko, koleksi uang lawas koin maupun kertas, novel lama, majalah lama masih terbungkus rapi, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Harganya pun cukup terjangkau, bisa ditawar pula.

3. Poster Sejarah
Poster sejarah ini memuat berbagai kisah perjuangan rakyat Kota Malang selama jaman penjajahan. Poster berukuran 3-4 meter ini dipajang di sekitar Simpang Balapan. Terpampang juga foto-foto sejarah Kota Malang. Pengunjung bisa berfoto sekaligus memahami sejarah Kota Malang.

4. Narsis Pakai Kostum Jadoel
Yang suka foto-foto dan di upload ke Instagram, datang ke MTD pakai kebaya dan jarik sepertinya lebih menarik. Paling seru jika berkebaya kompak dengan teman-teman. Bukan hanya kebaya untuk si wanita, si pria biasanya memakai baju khas veteran jaman dulu, dan baju Belanda.

5. Ketemu Mantan Jadoel
Ini sebenarnya kejadian yang tak disangka-sangka. Siapa tahu kamu bisa berpapasan dengan mantanmu waktu sekolah. Saatnya untuk menyambung tali silahturahim yang sempat terputus. Jangan pura-pura tidak kenal.

6. Pertunjukan Seni
Pertunjukan seni seperti musik tari-tarian juga digelar di MTD. Bahkan beberapa musisi jalanan juga ikur meramaikan MTD dengan menampilkan lagu-lagu nasional lho.(Der/Aka)