Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Ini Cara Walikota Batu Perkuat Nasionalisme Warga

Walikota Batu Eddy Rumpoko saat meninjau bazar Ramadhan di parkiran Balai Kota Among Tani. (Abdul Aziz)

MALANGVOICE- Setiap 1 Juni diperingati sebagai hari Kelahiran Pancasila. Walikota Batu Eddy Rumpoko mengimbau, agar warganya lebih menguatkan nasionalisme.

Tak ingin hanya sekedar seremonial tahunan, ER sapaan akrab Eddy Rumpoko, meminta seluruh warganya memasang atribut kebangsaan di setiap rumah dan tempat usaha. Atribut yang dimaksud, mulai bendera merah putih, lambang garuda Pancasila, dan foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI. “Kalau perlu kita anggarkan untuk diberikan kepada masyarakat,” kata ER saat memimpin rapat bersama pimpinan OPD Pemkot Batu, di ruang rapat utama lantai V Balai Kota Among Tani, Selasa (30/5).

Politisi PDIP ini menambahkan, dalam momen tersebut, pemaknaan yang harus lebih ditekankan. Sebab, menurutnya, lebih berat merasakan kekecewaan akibat telah hilang rasa Nasionalisme. “Para pendahulu susah payah berjuang demi kemerdekaan,” sambung dia. “Para pejabat juga harus memikirkan dan memberikan contoh,” imbuhnya.

ER bahkan meminta OPD terkait memberikan sanksi, kepada pelaku usaha khususnya, jika tak menuruti imbauan tersebut. “Cabut saja ijin usahanya bagi yang tidak mengibarkan bendera merah putih. Bukan kami yang rugi justru yang rugi malah mereka sebagai WNI tidak mencintai bangsanya sendiri,” pungkasnya.