Hari Kebangkitan Nasional 2018

Hari Kebangkitan Nasional Perkuat Pondasi Menghadapi Era Digital

Upacara peringati Hari Kebangkitan Nasional di Balai Kota Malang. (Istimewa)
Upacara peringati Hari Kebangkitan Nasional di Balai Kota Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, dilaksanakan upacara di halaman depan Balai Kota Malang dengan mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” Senin (21/5).

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang dibacakan langsung Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, menyampaikan bahwa dengan adanya Era digital ini pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM), dengan cara mempercepat pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas pendidikan serta pelatihan yang juga menjadi salah satu visi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Dalam peringatan Harkitnas, 20 mei 2018, Masyarakat indonesia harus mempunyai kesadaran dalam mengembangkan diri dan merebut setiap peluang pekerjaan yang ada,” ujarnya.

Teknologi digital sangat membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Sebagai contoh dari pemanfaatan teknologi digital yang baik yakni dengan menggunakan teknologi digital sebagai pelayanan yang bisa mempermudah dan sangat efektif dalam semua proses pembayaran.

“Dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita,” tegas Wahid.(Der/Ak)