Hamzah: Ekonomi Kreatif Kota Malang Harus Terus Dikembangkan

Muchammad Nasrul Hamzah (for MVoice)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah menetapkan beberapa program sebagai misi utama selama lima tahun mendatang. Dua diantara misi itu adalah, menggelorakan wisata heritage dan ekonomi kreatif di kalangan anak muda.

Menanggapi hal ini, tokoh muda asal Kota Malang, Muchammad Nasrul Hamzah, menyambut positif hal itu. Menurutnya sektor ekonomi kreatif perlu di dorong karena sejalan dengan potensi khususnya para milenial yang ada di Kota Malang.

“Saya melihat paparan RPJMD Wali Kota Malang pad dua misi itu cukup baik, karena berkaitan dengan bagiamana peningkatan SDM dan juga bagaimana mendongkrak sektor pariwisat yang berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Hamzah kepada MVoice pada Kamis (24/1).

Dijelaskan, saat ini Kota Malang sudah dipercaya oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengembangkan empat subsektor ekonomi kreatif. Hal ini, lanjut Hamzah, perlu ada gayung bersambut dari pemerintah daerah untuk merealisasikan hal itu.

“Dengan adanya prioritas sebagaimana dituangkan dalam RPJMD khusus bagi pengembangan ekonomi kreatif sangat positif sekali,” ujarnya.

Rencana pembangunan coworking space dan beberapa tempat untuk mewadahi para start up khususny di dunia digital adalah suatu keharusan yang harus disiapkan oleh pemerintah kota. Karenanya, kedepan gagasan ini perlu didukung dan diawasi oleh lembaga legislatif sehingga berjalan sesuai dengan tujuan.

“Khusus untuk wisata heritage, saya juga mengapresiasi dengan catatan Kota Malang juga harus merawat bangunan-bangunan yang bernilai sejarah sehingga tidak berubah fungsi dan fisik,” tandas pria yang juga Caleg PAN Dapil Blimbing Nomor Urut 5 itu.

Berkaitan dengan RPJMD, Hamzah juga sedikit melontarkan kritikan. Pasalnya, proyeksi APBD Kota Malang selama lima tahun mendatang dari 2019 sampai 2023 hanya meningkat sebesar Rp 500 miliar. Padahal, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang cukup besar dan perlu digali serta dimaksimalkan.

“Kedepan kita berharap PAD Kota Malang bisa tumbuh sehingga mampu menambah APBD kita dan bisa bermanfaat langsung bagi masyarakat,” pungkasnya.