Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2020

Sebanyak 10 pasangan finalis pada grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu, Rabu, (21/10/2020). (Foto: MalangVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020 digelar Pemerintah Kota Batu, Rabu (21/10). Kegiatan dua tahun sekali ini merupakan inisiasi Dinas Pariwisata sebagai cara untuk mempromosikan potensi dan destinasi wisata di kota berjuluk Little Switzerland ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, mengungkapkan adanya duta wisata Kangmas Nimas ini adanya kaderisasi pemuda-pemudi Kota Batu. Dengan harapan nantinya mampu mengenalkan Kota Wisata Batu di kancah nasional hingga internasional.

Diketahui, ada 10 pasangan finalis pada grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2020. Mereka nantinya dipilih pasangan terbaik untuk menjadi corong terdepan Pemerintah Kota Batu mengenalkan potensi-potensi di Kota Apel ini.

“Tentunya, semua peserta adalah putra putri terbaik Kota Batu. Merekalah yang nantinya jadi corong terdepan mengenalkan potensi-potensi di Kota Batu,” ujar Arief dalam sambutannya pada grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu.

Dia menyebutkan potensi-potensi tersebut tidak hanya pariwisata. Melainkan juga budaya, kesenian, pertanian hingga produk kerajinan hingga kuliner di Kota Wisata Batu.

Disebutkannya bahwa mereka bakal bertugas selama dua tahun kedepan. Tentunya, kata dia, sesuai dengan tema njajah desa (menjelajahi desa), milang kori (menghitung pintu).

Sebagaimana diketahui, setiap finalis Kangmas Nimas ini telah melakukan perjalanan jauh menjelajahi potensi-potensi seluruh desa atau kelurahan di Kota Batu.

“Jadi, tidak hanya mengenalkan potensi yang ada di Kota Batu. Kangmas Nimas ini nantinya juga akam mewakili Kota Batu di event-event lebih tinggi lagi seperti Raka Raki Jawa Timur,” tuturnya.

Oleh karena itulah, Arief berharap para duta wisata Kota Batu bisa menjadi ujung tombak mengenalkan Kota Wisata Batu. Baik di kancah nasional dan internasional.

Apalagi, dia menyampaikan para peserta sudah mengikuti berbagai rangkaian seleksi. Mulai dari test tulis, wawancara, public speaking, tentang pariwisata, bahasa Inggris, hingga tes kepribadian.

“Kami berharap, Kangmas Nimas Kota Batu mampu memberikan yang terbaik untuk Kota Batu di kancah nasional dan internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengapresiasi kegiatan grand final ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020. Sekalipun harus sempat tertunda dan mundur karena pandemi Covid-19.

Meskipun begitu, dia berharap bisa melihat dan muncul potensi-potensi pemuda-pemudi Kota Batu setiap tahunnya dari kegiatan tersebut.

“Kegiatan seperti ini untuk menggodok kawah candra dimuka. Dengan tujuan pemuda-pemudi Kota Batu ini bisa berkiprah di kancah nasional atau internasional,” ucapnya.

Dewanti juga berpesan kepada Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020 terpilih bisa menyebarluaskan hal-hal baik Kota Batu. Mulai dari potensi wisata, budaya, kesenian dan kehidupan gotong royong.(der)