Gerojok Rp 200 Juta untuk Alat Fitnes di Taman

Alun-Alun Batu Jalan Gajah Mada, Kota Batu. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Demi meningkatkan gaya hidup sehat, Pemkot Batu bakal melengkapi taman dengan fasilitas fitnes. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu mengajukan Rp 200 juta melalui PAK (perubahan anggaran keuangan) 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari, mengatakan, alat -alat fitnes ini dapat dimanfaatkan warga secara gratis. Alat kesehatan itu seperti sepeda statis, alat bantu push up, dan alat fitnes lainnya.

“Karena sifatnya outdoor, jadi alatnya dengan tipe yang tahan panas dan hujan. Sehingga tidak gampang rusak,” kata Kartika ditemui MVoice beberapa waktu lalu.

Namun, lanjut Kartika, saat ini pihaknya masih mengkaji taman mana yang dapat dan sesuai mendapatkan alat fitnes tersebut. Karena pihaknya tidak ingin ada fasilitas untuk warga tapi tidak terawat. Rencananya alat fitnes ini akan ditaruh di taman-taman besar yang ada di Kota Batu. Tak hanya taman, di sekolah yang memiliki taman terbuka juga memungkinkan, sehingga bisa dimanfaatkan siswa.

“Taman-taman di Kota Batu ini setidaknya harus terawat terlebih dahulu. Agar tepat sasaran penempatan alat fitnes tersebut,” sambung dia.

Tak hanya di taman Kota, masih kata dia, tempat sekolah tetapi juga bisa di tempat bermain anak di Balai Kota Among Tani ataupun di Alun-Alun Batu. Alat fitnes bertujuan untuk mengajak warga Kota Batu gemar berolahraga.

Program
ini akan disinergikan dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk perawatan taman dan juga alat-alat fitnes.

“Ayo budayakan pola hidup sehat. Olahraga itu nggak harus bayar dan gak mahal kok,” tukasnya.


Reporter: Aziz Ramadani
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti