Rakernas Apeksi 2017

Gelaran Pawai Budaya di Ijen, Berimbas Kemacetan di Jalan Lain

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ady Nugroho. (deny rahmawan)
Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ady Nugroho. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Gelaran Rakernas Apeksi 2017 yang dipusatkan di Kota Malang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas. Beberapa acara mendapatkan pengawalan khusus anggota keamanan, salah satunya pawai budaya di Jalan Ijen, Rabu (19/7).

Pawai budaya melibatkan 98 kota seluruh Indonesia ini dimulai dari Jalan Simpang Balapan hingga Jalan Semeru. Acara itu dimulai sejak siang sampai sore petang nanti.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ady Nugroho, mengatakan, Jalan Ijen saat ini sudah ditutup separuh jalan untuk kegiatan pawai.

Situasi Jalan Ijen. (deny rahmawan)
Situasi Jalan Ijen. (deny rahmawan)

Separuh jalan lain tetap difungsikan seperti biasa namun hanya untuk pengendara yang menuju Jalan Pahlawan Trip dan Jalan Surabaya. Penutupan itu juga dilakukan di Jalan Semeru dan Simpang Balapan. “Sebagian memang ditutup untuk pawai budaya,” katanya.

Imbas dari penutupan jalan tersebut, Ady meyakini pasti akan ada kemacetan di jalur lain. Ia mencontohkan di Jalan JA Suprapto, Jalan Jakarta, Jalan Bogor, Jalan BS Riyadi, Jalan Mayjen Panjaitan dan Kayutangan.

Karenanya, ia sudah menyiapkan 100 personel yang ditempatkan di titik kemacetan dan membantu pengendara jalan mencari jalur alternatif.

“Saya kira warga Malang sudah tahu jalan mana yang bisa dituju seandainya macet. Tapi karena Kota Malang sebagai tuan rumah ya sebisa mungkin memfasilitasi tamu dari 98 kota,” tandasnya.


Reporter: Deny Rahmawan
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yunus Zakaria