HUT ke-16 Kota Batu

Gelar Pameran Lukisan, Hasil Penjualan Didonasikan untuk Yatim Piatu

Lukisan karya perupa yang tergabung Komunitas Akarasa dipamerkan di Lobi Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (18/10). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Sejumlah 60 lukisan dari 21 perupa yang tergabung dalam Komunitas Akarasa dipajang di Lobi Balai Kota Among Tani, Rabu (18/10). Pameran bertajuk Harmoni ini merupakan rangkaian perayaan HUT ke-16 Kota Batu.

Ketua Komunitas Akarasa, Yakub Setya Budi mengatakan, sejumlah 60 karya lukisan tidak ada tema khusus. Pihaknya membebaskan perupa yang didominasi pemuda Kota Batu ini untuk berekspresi. Beberapa karya dengan genre realis dicontohkanya seperti lukisan wajah tujuh presiden Indonesia hingga tentang potret sayur -buah khas Kota Batu.

“Kami bebaskan ekspresi perupa tentang keharmonisan Kota Batu. Memberikan ruang sehat untuk berkarya tanpa batasan teori,” kata Yakub.

Setiap kegiatan pameran, lanjut Yakub, juga memiliki tujuan. Momen kali ini juga dimanfaatkan mendukung Yayasan Cita Cendekia, yakni rumah singgah untuk anak yatim yang juga didirikan komunitas Akarasa.

“Jadi 50 persen hasil penjualan lukisan didonasikan untuk rumah singgah ini ,” tukasnya.

Terpisah, Kabag Humas Setda Kota Batu, Dra Santi Restuningsasi menuturkan, mengapresiasi adanya pameran bertajuk Harmoni untuk Batu ini. Semoga dapat dimanfaatkan oleh para seniman atau perupa untuk memamerkan karyanya.

“Sehingga perkembangan terhadap apresiasi sebuah karya seni dapat semakin ditingkatkan,” tutup Santi.(Der/Ak)