Aksi Sobat Bumi di Coban Rondo

Gali Potensi Diri Lewat Character Building

Suasana Aksi Sobat Bumi di Coban Rondo. (Istimewa)

MALANGVOICE – Ratusan peraih beasiswa Pertamina Sobat Bumi antusias mengikuti ajang bertajuk ‘Character Building dan Green Action’ selama empat hari, 27 – 30 April 2018 ini, di Coban Rondo, Kabupaten Malang. Melalui character building, para peserta diajak menggali potensi diri.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Wisnuntoro, menjelaskan, rangkaian kegiatan ini ditujukan untuk merubah atau membangun sikap-mental penerima beasiswa untuk menjadi jiwa sobat bumi. Apalagi, para narasumber memiliki beragam pengalaman, keahlian, dan profesi.

Narasumber ini menyampaikan materi secara teoritis, praktek, simulasi dan game di alam terbuka (out bond). Dengan begitu, peserta akan dibantu untuk membuka diri sehingga mampu menemukan potensi diri dan menjadikan perasaan lemah sebagai sumber kekuatan.

“Keberhasilan kegiatan ini bersifat kualitatif, dan akan mewujud ketika seluruh peserta yaitu penerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi mempraktekannya di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya, karakter yang ingin dibentuk adalah budaya ramah lingkungan. Peserta harus menjadikan pengalaman ini sebagai kebiasaan hidup sehari-hari sekaligus dapat menjadi contoh kehidupan di kampus, di masyarakat maupun di dunia kerja.

Baca Juga: Ratusan Peraih Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Beraksi di Coban Rondo

Hal ini sejalan dengan tujuan program beasiswa ini, yaitu lahirnya kader gerakan dan calon-calon pemimpin masa depan yang ramah lingkungan. “Persaingan global dan perkembangan teknologi atau yang lazim disebut era milenial membutuhkan pemimpin yang berakhlak mulia, berwawasan kedepan, terampil dan sikap-perilaku yang baik serta berbudaya ramah lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Rahmat Puji Purnomo, menilai, peserta mengikuti acara dengan baik. Dikatakan bahwa semua berjalan lancar sesuai konsep yang telah dicanangkan.

“Narasumber menyampaikan dengan baik, outbond dilakukan dengan baik, antusias dan partisipatif. Semua tantangan terselesaikan,” paparnya.

Hal ini menjadi awal yang baik untuk peserra agar menjadi pemimpin masa depan. Apalagi, dalam kegiatan itu tampak panitia dan peserta mampu menyatu.

“Semua juga mampu menyatukan penerima beasiswa dari Sabang sampai Merauke. Kami berharap mereka ini bisa jadi contoh di masyarakat dan jadi pemimpin baik ke depan,” pungkasnya. (Coi/Ery)