06 February 2023
06 February 2023
22 C
Malang
ad space

DPC PDIP Kabupaten Malang, Sisihkan Penghasilan untuk Bergotong Royong Tangani Pandemi

MALANGVOICE – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang menyisihkan pendapatannya untuk bergotong royong dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Kami telah menyisihkan sebagian penghasilan, atau gaji dewan dari fraksi PDIP untuk penanganan Covid-19. Itu sejak awal pandemi ada untuk membantu pemerintah dan masyarakat,” ucap Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Malang, Darmadi, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (15/7).

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menjelaskan, 12 anggota Fraksi PDIP bersama pengurus DPC dan kader terus melakukan kegiatan kemanusiaan. Mereka berkontribusi ikut melakukan pencegahan sampai penanganan pandemi.

“Kegiatan ini kami namakan gotong royong untuk ikut membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pandemi melalui berbagai kegiatan sosial. Sampai saat ini kegiatan tersebut terus berlanjut dengan membagikan masker, penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan bantuan sembako,” jelasnya.

Lanjut Darmadi, PDIP Kabupaten Malang terus melakukan ini hingga pandemi selesai dengan rutin membagikan makanan kepada warga rentan dan isolasi mandiri (isoman).

Bahkan, tambah Darmadi, selain 12 anggota legislatif dari fraksi PDIP, kegiatan gotong royong ini juga disupport oleh kader PDIP Kabupaten Malang yang saat ini berada di eksekutif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

“Gotong royong ini kolaborasi antara legislatif dan eksekutif di PDIP. Kebetulan kader kami jadi Bupati dan Wakil Bupati Malang,” pungkasnya.

Pengurus DPC PDIP Kabupaten Malang saat membagikan nasi kotak. (Mvoice/Istimewa)

Terpisah, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang Abdul Qodir mengatakan, kegiatan penyisihan gaji legislatif di fraksi PDIP DPRD Kabupaten Malang tersebut merupakan bentuk kegiatan pengabdian fraksi. Setiap anggota fraksi PDIP tersebut harus menyumbangkan gaji untuk warga terdampak pandemi terus berlanjut.

“Fraksi mengabdi itu pada prinsipnya gaji fraksi PDIP itu disisihkan untuk gotong royong bantuan penanganan Covid-19 ini,” kata Adeng panggilan akrabnya.

Pemberian dan penyaluran bantuan dari gerakan fraksi mengabdi tersebut, lanjut Adeng, diperuntukkan masyarakat yang terpapar positif Covid-19 maupun masyarakat yang terdampak.

“Gaji teman-teman fraksi PDIP itu dikumpulkan di DPC. Itu instruksi Nasional sebagai gerakan dari DPP, dan bentuk kepedulian teman-teman sebagai kader partai ‘wong cilik’,” bebernya.

Selain itu, tambah Adeng, DPC PDIP Kabupaten Malang juga melakukan Gerakan Geruduk Ransum bagi warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Insoman) akibat terpapar covid-19.

“Ransum itu bentuk pemberian suplemen dan makanan bergizi kepada pasien isoman, itu yang telah kami putuskan. Ini Jihad nasionalisme dengan membantu pemerintah bangkit keluar dari pandemi Covid-19,” tandasnya.(end)

Berita Terkini

Arikel Terkait