Dirjen Otoda Kemendagri: DPRD Kota Malang Harus Kebut Bamus

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono. (Lisdya)

MALANGVOICE – Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono mengatakan saat ini anggota DPRD Kota Malang hasil PAW tengah mengebut untuk menyelesaikan Bamus (Badan Musyawarah).

“Sekarang mereka (DPRD baru) lagi dibimtek untuk membentuk Bamus yang akan membuat agenda-agenda dan kelengkapan dewan yang lain. Fraksi-fraksi juga hari ini harus selesai,” ujar Sony kepada media di tengah rapat internal anggota DPRD, Senin (10/9).

Bahkan untuk menyelesaikan Bamus ini, dikatakan Sony harus beberapa kali dilakukan rapat internal anggota DPRD baru. “Harus beberapa kali paripurna dan agenda internal. Kemungkinan sampai jam 12 malam nanti,” tegasnya.

Tak hanya itu, bimtek yang diberikan kepada anggota legislatif ini langsung diturunkan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai dengan bidang masing-masing. Termasuk mengundang KPK untuk memberikan bimbingan kepada mereka.

“Kami akan berikan fasilitas penuh utuk DPRD Kota Malang daripada DPRD lainnya. Karena ini harus diberikan langkah-langkah percepatan dan penguatan di sini,” pungkasnya. (Der/Ulm)