Pilkades Serentak Kabupaten Malang

Cegah Konflik, Kapolres Imbau Panitia Pilkades Netral

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung bersama Bupati Malang, Dandim 0818 Malang/Batu, dan Forkompinda meninjau peserta apel.(Miski)

MALANGVOICE – Peran serta panitia Pemilihan Kepala Desa amat penting mensukseskan hajatan demokrasi masyarakat.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, menyebut, tidak netralnya panitia Pilkades bisa berakibat fatal dan awal terjadinya konflik.

“Kami imbau semua panitia harus netral. Melakukan tahapan Pilkades dengan baik,” kata dia, saat Apel 3 Pilar jelang Pilkades serentak, Sabtu (18/3).

Baca juga: Jelang Pilkades, Kapolres: Tiga Pilar Harus Guyub dan Kompak

Ujung juga berharap pemerinrah daerah menjaga netralitas. Sekaligus mengakomodir dan menyalurkan anggaran sesuai ketentuan.

Meski belum ada badan pengawas, namun Ujung meminta panitia tingkat daerah bisa bertindak sebagai pengawas. Hal ini penting dalam mengawasi pelaksanaan dan tahapan Pilkades.

Tokoh masyarakat dan tokoh agama juga diharapkan menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat. Jangan sampai, tambah dia, memprovokasi masyarakat.

“Penting juga bahwa semua calon Kades dan pendukungnya harus siap terpilih dan siap tidak terpilih,” papar dia.

Sekedar diketahui, ada 57 desa se Kabupaten Malang akan melangsungkan Pilkades. Sebanyak 49 desa di antaranya masuk wilayah hukum Polres Malang.