Bupati Malang Minta Semua ASN Mahir Berbahasa Inggris

Bupati Malang H.M Sanusi. (Toski D).
Article top ad

MALANGVOICE – Bupati Malang H.M Sanusi meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mahir berbahasa Inggris, terutama Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Untuk menunjang program window of the world in East Java, saya minta seluruh SKPD untuk fasih berbahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan bahasa ingris,” ungkap Sanusi, saat ditemui awak media usai menghadiri agenda penjelasan terkait kursus the british institute (TBI), di ruang Anusopati, Komplek Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim no.7, Kota Malang, Rabu (27/1).

Menurut Sanusi, jika target kepada jajaran Kepala Dinas sudah terealisasi. Maka target selanjutnya juga akan diterapkan kepada jajaran ASN lainnya.

”Sementara ini masih Kepala Dinas. Nanti ASN yang lain juga boleh mengikuti, kita harapkan semua ASN bisa seperti itu (fasih berbahasa inggris),” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Sanusi, tahap pembelajaran yang difasilitasi oleh TBI ini, sudah dimulai sejak hari ini. Dengan mekanisme, dalam satu sesi akan dibagi beberapa gruop, dimana satu grub itu terdiri dari 10 orang, yang akan menjalani pembelajaran secara privat dari TBI, dengan dua orang tentor, yakni satu warga asing, dan 1 warga negara Indonesia.

“Untuk program pertama selama 30 jam. Targetnya mereka (ASN) sudah diharapkan bisa aktif berbahasa ingris. Kami memilih TBI karena sudah bersertivikat internasional, pusatnya ada di Cambridge British English,” jelasnya.

Akan tetapi, tambah Sanusi, dikarenakan masih pandemi covid-19, maka kegiatan pembelajaran yang melibatkan tim TBI ini dilangsungkan secara daring.

“Karena masih pandemi, les bahasa inggris ini dilakukan secara online,” tandasnya.(der)