Apel Aksi Kreasi Siswa SMKN 1

Bernuansa Arema, Anton Dapat Julukan ‘Bapak Inovator’

Wali Kota Malang, HM Anton, dijuluki sebagai 'Bapak Inovator Kota Malang'. (Bagian Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, mendapat julukan baru dari civitas dan siswa-siswi SMKN 1 Malang, Sabtu (8/4). Di sela apel aksi kreasi peringatan HUT ke-103 Kota Malang, Kepala SMKN 1, Retno Utami, menyebut Anton sebagai ‘Bapak Inovator Kota Malang’.

“Gelar atau predikat ini kami sematkan karena Bapak Wali Kota telah banyak menginspirasi munculnya inovasi dan perubahan perubahan untuk Kota Malang,” ujar Retno.

Kegiatan ini sendiri identik dengan nuansa Arema. Betapa tidak, penobatan ini berlangsung di hadapan pelajar SMKN 1 yang menggunakan beragam atribut pakaian tradisional serta kostum Arema maupun Aremania.

Rangkaian acara sendiri juga diawali program siar live streaming wawancara, menghubungkan Anton dengan media sosial manajemen Arema FC. Perangkat operasionalnya dimotori siswa jurusan studio audio.

“Ini merupakan pengembangan kurikulum reparasi perangkat audio dan video,” kata Retno, menjelaskan.

Terobosan juga dilakukan SMKN 1 dengan menggandeng Alfamart dalam program pendidikan ritel. Bagi Alfamart, sebagaimana disampaikan penanggung jawab Alfamart Area Malang Raya, Faruq, Kota Malang merupakan pioneer pilot project pendidikan ritel.

Kini sudah berkembang 150 sekolah yang telah berkerjasama dengan Alfamart dalam pendidikan ritel. “Kami berikan garansi bagi para siswa yang telah mendapat pembelajaran pendidikan ritel dan dimagangkan di Alfamart untuk diterima jadi karyawannya,” imbuh Faruq.