Semarak HUT ke-17 Kota Batu

Apel Peringatan HUT Kota Batu, Dewanti: Bangun Indonesia dari Kota Kecil

Kegiatan Upacara Peringatan HUT Kota Batu. (Istimewa)
Kegiatan Upacara Peringatan HUT Kota Batu. (Istimewa)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menjadi inspektur Upacara HUT ke 17 Kota Batu, di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Rabu (17/10). Upacara yang diikuti seluruh elemen Pemkot Batu ini juga sekaligus memperingati HUT ke 73 Provinsi Jawa Timur.

Dewanti, membuka amanatnya dengan menyampaikan rasa duka cita dan doa kepada korban bencana alam Palu, serta bersedih atas meninggalnya atlet Paralayang Ardi Kurniawan yang juga menjadi korban dalam kejadian tersebut.

Dewanti menyampaikan bahwa peringatan HUT Provinsi Jawa Timur pada tanggal 12 Oktober hampir bersamaan dengan HUT Kota Batu yaitu 17 Oktober.

“Meski masih sangat muda, Kota Batu berkembang dengan baik dari fasilitas, pelayanan pemerintah, infrastruktur dan peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Dewanti.

HUT ke 73 Provinsi Jawa Timur yang mengangkat tema ‘Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital’ merupakan sebuah tekad, untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), secara berkelanjutan.

Sedang tema Hari Jadi ke 17 kota Batu mengangkat tema yakni “Membangun Indonesia dari Kota Kecil’. Kedua tema itu, lanjut Dewanti, terdapat keterkaitan antara yaitu peningkatan daya ekonomi melalui UMKM.

“Menghadapi perkembangan sektor e-commerce (perdagangan elektronik) dan ekonomi digital, maka pemerintah meluncurkan program ‘Making Indonesia 4.0’, sebagai tanggapan atas fenomena global tentang revolusi Industri 4.0,” kata Dewanti lagi.

banner

Berkat dukungan dan partisipasi elemen masyarakat, lanjut Dewanti, Kota Batu dapat menjadi kota wisata yang terkemuka. Karena itu, Dewanti berharap hubungan ini dapat terus ditingkatkan dalam kualitas dan kuantitas. Pasalnya, masyarakat dan pemerintah adalah dua komponen yang saling membutuhkan.

“Mari menggunakan energi dan potensi yang dimiliki bagi daerah ini dengan senantiasa berkarya dan kepekaan serta kepedulian untuk membangun Kota Batu,” ajak Dewanti sekaligus menutup amanatnya.(Hmz/Aka<)/strong>