Rakernas Apeksi 2017

3.600 Peserta Pawai Budaya Ramaikan Rangkaian Rakernas Apeksi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pawai budaya menjadi salah satu kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Event yang digeber Rabu (19/7) itu menghadirkan sedikitnya 3.600 peserta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, merinci, jumlah itu terbagi menjadi 54 kontingen dari berbagai daerah perwakilan delegasi Rakernas Apeksi.

“Kalau yang dari Kota Malang sendiri ada sekitar 200 orang, dari perwakilan semua kelurahan, duta budaya dan pariwisata, pemenang Putri Kartini, serta pegiat tradisi patrol,” ungkapnya kepada MVoice ditemui di Balai Kota Malang, Senin (17/7).

Perempuan berdarah Bali ini menambahkan, rute pawai mengambil garis start di Jalan Ijen, tepatnya di depan Gereja Katedral menuju arah Jalan Semeru. Setelah itu, rombongan menuju garis finish yang tersebar di sekitar Stadion Gajayana.

Selain pawai, terdapat pula panggung utama yang menampilkan berbagai pertunjukan seni. Ida Ayu menyebut, sekitar 175 penari siap menampilkan performa terbaiknya.

“Rincinya, ada sekitar 50 penari Topeng dan 117 penari Gumredah Malang Gemilang Nusantara,” pungkasnya.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti