2016, Kota Batu Targetkan 18 Ribu Kunjungan Wisatawan

Bianglala di Alun-alun sebagai ikon Kota Wisata Batu. (fathul)

MALANGVOICE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Batu mematok target kunjungan 18 ribu wisatawan untuk 2016.

Selama ini, kata Kepala Disbudpar, Abdillah Alkaf, wisatawan yang datang di kisaran 10 ribu hingga 11 ribu orang. Pihaknya yakin target itu terpenuhi.

“Itu sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kita lho, makanya harus kita penuhi target itu. Kami sangat yakin tentunya,” ujar Abdillah kepada MVoice.

Beberapa cara yang akan dilakukan Disbudpar, di antaranya memaksimalkan wisata yang ada di Kota Batu, baik wisata alam maupun wisata edukasi dan hiburan. Semua wahana itu memiliki keunggulan masing-masing.

“Kemudian kami juga memiliki agenda mengadakan even-even menarik saat low session. Karena selama ini wisata di Batu berkurang drastis saat siswa tidak libur sekolah,” sambungnya.

Dengan menggelar berbagai even menarik, Disbudpar yakin bisa menggaet wisatawan di luar siswa untuk berkunjung. “Low session di sini antara bulan September, lalu Februari hingga April,” imbuhnya.

Ia menerima saran dari PHRI supaya membuat agenda Travel Mart, dengan mendatangkan agen travel dan biro perjalanan dari seluruh Indonesia dan negara tetangga. Dari sana, Kota Wisata Batu bisa dikenal sehingga bisa menjalin kerja sama wisata.