HUT ke-16 Kota Batu

17 Grup Hadrah Berebut Juara di HUT Kota Batu

Salah satu penampilan peserta lomba Batu Hadrah Festival di Gedung Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kamis (12/10). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Semarak menyambut HUT ke-16 Kota Batu terus digelar. Salah satunya gelaran Batu Hadrah Festival di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (12/10).

Sejumlah 17 grup hadrah dari 17 desa/kelurahan se-Kota Batu dengan jumlah 440 peserta saling unjuk kebolehan melantunkan tembang salawat. Mereka akan memperebutkan juara umum dan juara harapan.

Titok Wisabahadi, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, Batu Hadrah Festival 2017 ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan potensi kreatif di setiap desa.

“Melihat keaktifan ibu-ibu rutin latihan hadrah, kenapa tidak kalau seni hadrah ini dilombakan di tingkat kota sekaligus memperingati HUT Kota Batu,” kata Titok ditemui MVoice di sela-sela acara.

Batu Hadrah Festival 2017 ini, lanjut Titok, merupakan kali pertama seni hadrah dilombakan di tingkat kota. Terkait kriteria penilaian, segi vokal, penampilan dan kekompakan dan kreativitas masing-masing grup bakal jadi sorotan dewan juri.

“Kami berharap peserta menunjukkan penampilan terbaiknya,” pungkasnya.

Imroatus Solihah peserta lomba Kelurahan Temas, mengaku sangat antusias mengikuti gelaran lomba. Apalagi acara diadakan juga untuk menyambut HUT ke-16 Kota Batu yang diperingati 17 Oktober.

“Senang sekali karena semangat ibu-ibu di kampung ikut terpacu. Karena selama ini kan cuma main di undangan-undangan saja, di tingkat kampung,” ujarnya.

Dengan begitu, ia berharap agar lomba ini bisa diadakan secara rutin di tiap tahunnya. “Seni hadrah mampu mewadahi potensi kreativitas ibu-ibu di kampung,” imbuhnya.(Der/Yei)