Dialog Program Pelatihan Kerja di SMK Kartika

16 Subsektor Ekonomi Kreatif Harus Dikembangkan

Wali Kota Malang, HM Anton, menghadiri Dialog Program Pelatihan Kerja di SMK Kartika. (Bagian Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang, HM Anton, menghadiri Dialog Program Pelatihan Kerja di SMK Kartika. (Bagian Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Sebanyak 16 subsektor ekonomi kreatif harus dikembangkan masyarakat Kota Malang. Hal ini diungkapkan Wali Kota, HM Angin, saat menghadiri pembukaan ‘Dialog Program Pelatihan Kerja dalam rangka Mencetak Tenaga Kerja yang Kompeten’ di SMK Kartika, Jalan Kesatrian, Senin (27/2).

Anton menambahkan, para pencari kerja khususnya mereka yang akan lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat harus lebih meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kemampuan bidang teknologi. “Peluang di 16 subsektor itu harus dimanfaatkan,” imbuhnya.

Alasannya, pada era global ini, persaingan untuk mendapat pekerjaan akan semakin ketat, karena banyaknya kompetitor asing yang siap dengan skill mumpuni. Kemajuan teknologi dan peningkatakan SDM, lanjut dia, juga harus terus diasah.

“Jangan sampai kita tidak bisa bersaing dan menyebabkan kita tertinggal,” tegas orang nomor satu di Kota Malang ini.

Dalam acara yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Umi Farida Dewi Suryani tersebut, Anton juga menegaskan agar para pencari kerja usia muda harus lebih meningkatkan kreativitas agar juga bisa bersaing dalam ekonomi global seperti saat ini.

Upaya Pemkot Malang mewadahi para anak muda yang kreatif sudah dilakukan dengan membentuk Malang Creative Fusion (MCF). Dari upaya ini, diharapkan muncul enterpreneur baru yang siap bersaing.