Hutan di Area RPH Pujon Terbakar!

Penampakan area hutan di kawasan Pujon terbakar terpantau dari Kota Batu, Senin (3/9). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Kebakaran melanda area hutan RPH Pujon, Senin sore (3/9). Hingga berita ini ditayangkan, beberapa titik api terpantau masih membara.

Dari pantauan MVoice, asap terlihat secara kasat mata dari kejauhan di wilayah Kota Batu, sekitar pukul 15.00 WIB. Titik hutan yang terbakar bersebelahan dengan Gunung Panderman Kota Batu.

Kepala Urusan Teknik Kehutanan, Perhutani KPH Pujon, Bambang Hariyanto, membenarkan kebarakan tersebut. Persisnya lokasi kebakaran diperkirakan di petak 100 RPH Pujon Selatan BKPH Pujon.

“Teman-teman dari Perhutani Pujon bersama LMDH Pujon Kidul sudah bergerak menuju lokasi,” kata Bambang sebagaimana dikonfirmasi MVoice.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Batu Sasmito mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tersebut dan langsung berkoordinasi.

Kajian bersama telah dilakukan bersama Perhutani KPH Pujon dan sekitar 6 personel dikerahkan untuk ikut membantu memadamkan.

“Iya, saat ini masih upaya secara manual bersama LMDH dan Perhutani.
Sementara penanganan manual
Diberi jarak antar rumput kering.
Dibabat agar tidak menjalar,” kata Sasmito.

Sasmito menambahkan, lokasi kebakaran jauh dari area pendakian, baik Gunung Panderman maupun Gunung Butak. Menurutnta, api diduga bermula dari satu titik, namun terus menjalar dan membentuk titik -titik kebarakan baru.

“Api merambat melingkar. Kemudian titik baru muncul berkembang,” jelas Sasmito.

Pihak BPBD Kota Batu, tidak mau menduga- duga darimana api muncul termasuk menampik kemungkinan penyebab ada oknum yang sengaja membakar untuk kepentingan pertanian ataupun juga ulah wisatawan pendaki.

“Kami tidak mau menduga-duga. Komitmen kami melakukan penanganan pemadaman dan tetap persuasif preventif,” tutupnya. (Mnh/Ulm)