Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Kota Batu

1.052 Pelajar Ramaikan Festival Egrang

Aksi siswa dan siswi peserta Festival Egrang Kota Batu 2017 di Jalan Panglima Sudirman, Selasa (8/8). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Jalan Panglima Sudirman Kota Batu mendadak jadi lautan egrang. Betapa tidak, sejumlah 1.052 pelajar mulai SD, MI, MTS dan SMP ramai – ramai ikuti Festival Egrang Kota Batu 2017.

Peserta egrang pun banyak yang menampilkan kostum unik hingga nyeleneh. Ada yang berkostum petani, adat papua, dan tokoh pewayangan Gatotkaca seperti yang ditunjukkan SDN Ngaglik 04.

Ketua Pelaksana Festival Egrang Kota Batu 2017, Samsul Arifin mengatakan, kegiatan ini diikuti 89 lembaga tingkat SD/MI dan 31 tingkat SMP/MTS. Tujuannya tidak lain merayakan HUT ke-72 Kemerdekaab RI.

“Kami pilih egrang karena permainan tradisional dari nenek moyang kita ini sudah mulai ditinggalkan,” kata Samsul ditemui MVoice di sela -sela acara.

Maka dari itu, lanjut Samsul, melalui Bidang Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pendidikan Kota Batu berusaha mengenalkan kembali sejak dini, khususnya pelajar. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung. Namun, menurutnya, solusinya dengan menyeimbangkan dengan mengiatkan permainan tradisonal warisan budaya lokal.

“Harapannya akan diagendakan setiap tahun dan ditambah permainan tradisional lainnya,” pengkas Kasi Kepemudaan, Dinas Pendidikan Kota Batu ini.

Dalam festival ini, panitia akan mengambil 10 peserta favorit untuk tingkat SD/ MI dan SMP /MTS.
Untuk kriteria penilaian terdiri dari
keunikan dan keindahan kostum, kreatifitas, hiasan egrang dan formasi. Ada pula penilaian kekompakan dan keutuhan tim, poin pentingnya ini, bagaimana tetap kompak dan kerjasama dalam satu kesatuan dan ritme.


Reporter: Aziz Ramadani
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti