Zedar, Aksi Nyata Earth Hour Malang Peringati Hari Bebas Emisi

0
637
Peserta berhenti sejenak di Taman (anja)

MALANGVOICE – Dikenal sebagai Kota Pendidikan, Malang dipenuhi puluhan ribu pendatang dari berbagai daerah dengan membawa kendaraan pribadi.

Akibat kepadatan kendaraan bermotor yang juga membuat emisi gas, membuat kualitas udara di Kota Malang turun lebih dari 70 persen.

Peserta melakukan permainan selagi istirahat (anja)
Peserta melakukan permainan selagi istirahat (anja)

Peserta berhenti sejenak di Taman (anja)
Peserta berhenti sejenak di Taman (anja)
Berdasar realita seperti itu, Earth Hour Malang mengadakan sebuah aksi yang mengkolaborasikan antara aksi pengurangan emisi dengan olahraga. Aksi ini mereka beri nama Zedar (Zero Emission Day Run) yang berlangsung pagi ini di Taman kunang-kunang sebagai titik start.

“Kegiatan ini diikuti dan dimeriahkan oleh komunitas-komunitas yang berada di Malang Raya untuk berlari bersama, bersepeda sebagai bentuk aksi nyata yang dapat dilakukan untuk mengurangi Emisi Gas Kendaraan,” kata Public Relation EH Malang, Dike Mudian.

Selain komunitas – komunitas Malang Raya, pelukis dan seniman Luqman Reza atau yang lebih terkenal dengan nama Jongkie, sebagai Duta Earth Hour Malang 2016 ikut memeriahkan aksi mengurangi emisi gas kendaraan ini. Aksi ini dimulai dari Taman Kunang-kunang, Pasar Oro-Oro Dowo, melewati Taman Slamet, Rumah Makan Bebek Slamet, Taman Terompet, Taman Merbabu dan kembali lagi ke Taman Kunang-kunang. Tidak hanya berlari serta bersepeda saja, para peserta juga mengikuti permainan yang telah disiapkan panitia.

Tujuan Zedar ini, kata Dike, menyerukan dengan nyata bahwa masyarakat harus melindungi bumi dari emisi-emisi yang telah melebihi ambang batas normal.

“Semoga dengan ini masyarakat bisa mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan berpindah ke transportasi umum,” harapnya.