Yunita dari Smaneka: Lolos ke OSN Nasional Itu Rejeki…

0
91
Siswi SMAN 1 Kepanjen, Yunita Nur Maulidah Rohmah, mewakili Jatim di OSN tingkat nasional di Palembang, Mei mendatang.

MALANGVOICE – Yunita Nur Maulidah Rohmah, siswi SMAN 1 Kepanjen yang berhasil mewakili Jawa Timur di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tidak menyangka lolos hingga ke tingkat nasional.

Pasalnya, dara berjilbab yang tinggal di Desa Pakisaji ini sebelumnya tidak pernah menjuarai kompetisi apapun. Selain itu, di tingkat kabupaten, Yunita hanya mendapatkan peringkat kedua untuk bidang ekonomi.

“Kaget, nggak nyangka bisa sampai tingkat nasional,” kata Yunita saat berbincang dengan MVoice.

Reaksi yang sama juga ditunjukkan kedua orangtuanya. Meskipun sempat tidak menyangka, namun orangtua Yunita sangat bahagia dan menyarankan agar siswi kelas X itu lebih banyak bersyukur dan berdoa agar bisa berprestasi lebih bagus.

“Kata orangtua, itu rejeki saya. Jadi saya disuruh banyak berdoa,” katanya.

Disinggung soal persiapan menghadapi OSN Nasional di Palembang pada 15-21 Mei mendatang, Yunita mengatakan, kini ia banyak membaca dan latihan.

Jebolan SMPN 4 Kepanjen ini juga akan mendapat pembimbingan dan pendampingan untuk menghadapi OSN Nasional agar bisa bersaing dengan 85 kompetitor dari seluruh Indonesia khusus untuk bidang ekonomi.

Waka Humas Smaneka, Lukman Huri, menambahkan, yang akan dijalani Yunita adalah membuat persiapan untuk karya ilmiah dan membuat produk inovatif dengan bahan daur ulang.

“Untuk karya ilmiah kita belum tahu karena pengumuman lolosnya sendiri baru dapat tadi malam,” ucap Lukman.