Wow, Ternyata Ada 19 Harimau Langka di Batu Secret Zoo

0
253
Anjani saat naik turun di pohon di kandangnya (Fathul)

MALANGVOICE – Berwisata di Kota Batu memang tidak rugi. Apalagi satu-satunya kebun binatang yang ada di sana, Batu Secret Zoo, punya 3 jenis harimau langka yang keseluruhannya berjumlah 19 ekor.

“Kami punya 6 Harimau Sumatera, 12 Harimau Benggala, dan 1 Harimau Siberia. Semuanya dalam kondisi sehat dan bisa beranak pinak,” ungkap dokter hewan yang bekerja di Jatim Park, drh Prista Dwi Restanti.

Anjani2Dua anak Harimau Benggala putih yang saat ini jadi idola selfie wisatawan, merupakan koleksi terbaru. Mereka bernama Pie dan Anjani, yang lahir dari induk bernama Rahul yang berusia 7 tahun, dan Reva berusia 8 tahun.

“Induknya di sini silang antara harimau betina berwarna kuning dengan jantan berwarna putih. Kalau induknya sama-sama Harimau Putih, anaknya pasti putih tapi hidupnya rentan sakit-sakitan,” jelas Prista kepada wartawan.

Pie dan Anjani sendiri merupakan anakan generasi ke lima dari Rahul dan Reva. Anakan generasi awal-awal yang sudah usia dewasa dipertukarkan antar kebun binatang, misalnya dua harimau putih berusia 4 tahun saat ini ada di Singapura.

“Untuk anak-anak harimau, agar bisa foto dengan manusia diperlukan kondisi khusus. Jadi usia satu bulan sudah dipisah sama induknya, diberi makan dan susu tambahan, tapi sore digabungkan dengan induknya lagi. Baru di usia 3 bulan anak harimau benar-benar lepas,” papar Prista.