Wow, Rumah Pecinta Lingkungan Ini Dipenuhi Tanaman Rambat

0
5
Rumah milik Wahyu Prihanta yang dilapisi tanaman merambat (fathul)

MALANGVOICE – Ada yang unik dengan rumah milik Wahyu Prihanta di Jalan Mojowarno, Gang Mojoluhur, RT 20 RW III, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Karena seluruh dinding dan atap bagian belakangnya dipenuhi tanaman rambat.

Anak pertama Wahyu, Nico Prihanta (20), yang ditemui di rumahnya, mengatakan, tanaman yang merambat di rumahnya itu sudah berusia 8 tahun, sejak ia masih Sekolah Dasar. Ia sendiri senang dengan tanaman merambat itu.

“Namanya nggak tahu mas, biasanya ayah bilang Tanaman Dinding gitu aja. Itu sejak kecil saya masih ingat menanamnya,” ungkap Nico kepada MVoice, saat ditemui di rumahnya, beberapa menit lalu.

Rumah Wayu2

Ayah Nico merupakan sosok pecinta lingkungan di Kota Batu yang aktif dalam Tim Ekspedisi Biokonservasi. Sebagai sarjana Biologi, Wahyu Prihanta, sangat tertarik dengan jenis-jenis tanaman sehingga mau memenuhi dindingnya dengan tanaman.

Mengenai rumahnya itu, Nico menganggap estetikanya saja yang bagus, untuk soal dingin dan rindang dihasilkan dari suasana Kota Batu. Karena tanaman tanaman rambat itu hanya ada di luar dinding rumah bagian belakang saja, sementara sekeliling rumahnya banyak pepohonan.

“Kalau yang ekstrem bisa ada ulatnya lho,” tambah Nico sembari tertawa.

Karena itu, ia menyarankan bagi warga yang hendak meniru menanam tanaman rambat di rumahnya, agar menutup seluruh dinding dengan rapat. Sehingga tanaman juga tidak masuk dan mengotori bagian dalam rumah.

“Cepat kok menanamnya, satu bulan saja sudah memenuhi dinding. Jadi cara menanamnya di tiap setengah meter dinding, terus kami kasih isolasi. Disirami saja terus menerus nanti akan lebat sendiri,” tambahnya.

Karena tumbuhan itu cepat lebat, sehingga ia punya agenda memangkas ya tiap dua bulan sekali. Sehingga keindahannya tetap terjaga.