Wow! Mahasiswa Mekatronika Poltekom Pamer Karya

0
117
Karya Mahasiswa (anja)

MALANGVOICE – Kemarin, 35 inovasi teknologi mahasiswa Politeknik Kota Malang (Poltekom) dipamerkan sebagai salah satu tugas akhir mata kuliah jurusan Mekatronika.

Dosen Mekatronika, Aditya Kurniawan, mengatakan, hal itu memang sudah menjadi kegiatan tiap tahun. Siswa dituntut untuk menciptakan alat-alat baru yang inovatif dan berguna bagi masyarakat.

Kamera (anja)
Kamera (anja)

35 temuan itu terbagi ke beberapa seperti Solar cell, modul pembelajaran, mesin tepat guna, elektrik dan pemograman, robotika, dan refreshing engineering.

Aditya sangat salut dengan hasil kreatifitas mahasiswanya.

“Ini ada yang bisa membuat alat kamera rotasi otomatis dan alat mengeraman telur otomatis. Ada juga lampu solar dan beberapa penemuan teknologi industri,” kata Aditya kepada MVoice.

Pengeram telur otomatis (anja)
Pengeram telur otomatis (anja)

Terpisah, Direktur Poltekom, Isnandar, sangat mengapresiasi temuan karya mahasiswanya. Ia berharap, mahasiswa bisa melakukan survey sebelum mengerjakan suatu penemuan sehingga selanjutnya ide itu benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat karena itu merupakan ciri khusus perguruan vokasi.

“Menurut Kemenristek Dikti perguruan tinggi vokasi harus berbeda dan punya ciri khusus, salah satunya adalah merancang dan mengembngkan inovasi dan komersiliasi hasil-hasil riset dan development produk penelitian,” katanya.

Ia juga berharap, mahasiswa lintas bidang bisa bersinergi membentuk kekuatan hebat untuk mengembangkan potensi agropolitan di desa-desa atau wilayah binaan.

“Itulah spirit kita sebagai perguruan tinggi dengan motto innovative teaching industry untuk mencapai cita-cita perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing,” tandasnya.