Wow, Kota Malang Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

0
44
Sutiaji Terima Penghargaan WTP dari BPK Jawa Timur

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke lima kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2015.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, menerima langsung penghargaan dari itu dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Novian Harodwijanto, di Kantor BPK RI di Sidoarjo (31/5).

Sutiaji mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen pemerintah dalam pengaturan keuangan daerah.

“Tentu penghargaan WTP ini sebagai apresiasi atas komitmen Pemkot Malang dalam proses perencanaan program kegiatan, penganggaran, pelaksanaan program hingga pertanggungjawaban anggaran yang berbasis kinerja,” kata Sutiaji.

Atas raihan prestasi ini, Ia berterima kasih kepada semua pihak, termasuk jajaran di DPRD Kota Malang, Forpimda serta segenap warga Kota Malang, karena telah bersinergi dengan baik dalam menyamakan langkah.

“Kami berterima kasih kepada semua jajaran yang telah mendukung kami,” tukasnya.

Ia juga menegaskan, agar penghargaan WTP ini tidak membuat semua aparatur di Pemerintahan Kota Malang menjadi terlena, namun menjadi cambuk semangat dalam mempertahankan prestasi yang sama di laporan keuangan tahun depan.

Sekadar informasi, di Provinsi Jawa Timur hanya ada empat kota yang mendapat opini WTP, selain Kota Malang penghargaan juga diberikan kepada Kota Madiun, Kota Kediri dan Kota Blitar, sedangkan untuk Kabupaten ada 20 wilayah penerima WTP.

Tahun 2015 sendiri merupakan tahun pertama bagi seluruh Pemerintahan Daerah di Indonesia menerapkan sistem berbasis akrual dari sebelumnya sistem berbasis kas.

Penggunaan sistem berbasis akrual ini membuat transparansi dalam bidang laporan keuangan menjadi semakin baik.