Wow… Jajanan Kantin Sekolah di Batu Disidak Dinas dan LPK

0
19
Tim pemeriksa makanan saat datang di salah satu kantin sekolah
Tim pemeriksa makanan saat datang di salah satu kantin sekolah

MALANGVOICE – Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kantin sekolah. Bersama Lembaga Perlindungan Konsumen, pagi ini tiga kantin di SDK dan SMPK Sang Timur yang pertama dikunjungi.

Kepala Bidang UMKM, Susilo Trimulyanto, memimpin inspeksi itu. Di kantin pertama SDK, tim tidak mendapatkan sampel makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya seperti borax, zat perasa, maupun pewarna.

Di SDK hanya ada satu kantin sehingga kegiatan berjalan dengan cepat. Sementara di SMPK ada dua kantin yang diperiksa. Tim menanyai penjual jajanan yang seringnya dititipkan ke sana oleh pembuat dari warga setempat.

Salah satu penjaga kantin, Sunarti, mengaku sering diperiksa oleh Diskoperindag. Paling tidak tiap bulan ada yang datang dan mengambil sampel jajanan untuk diperiksa.

“Dulu pernah ada jajanan kripik kedelai yang dilarang. Katanya kebanyakan zat untuk perenyah kripik. Kalau sekarang sudah nggak jual lagi yang begituan,” jelas Sunarti yang sudah berjualan sejak 20 tahun lalu ini.