Wow, Gedung LVRI Batu Berkonsep Museum Juang

0
66
Replika gedung LVRI kalau sudah jadi (fathul)

MALANGVOICE – Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan, mengharapkan gedung LVRI di Jalan Sultan Agung, yang dalam proses pembangunan bisa menjadi tujuan wisata.

Gedung itu dibangun dengan konsep museum atau gedung juang. Di dalamnya nantinya berisi artefak-artefak sejarah warga Batu dalam masa perjuangan sebelum maupun sesudah tahun 1945.

Sehingga wisatawan yang ingin tahu sejarah Kota Batu, bisa mengunjungi museum tersebut. Hal ini didukung Kota Batu sebagai kota wisata, menurut Handri Israwan, tentunya kehadiran gedung juang memperbanyak destinasi wisata.

“Yang saya harapkan adalah pemaksimalan. Itu gedung bukan untuk LVRI saja, tapi masyarakat umum. Jadi siapa pun boleh masuk dan menggunakan gedung itu kalau sudah jadi,” ungkap Handri kepada MVoice.

Handri yang pernah berjuang merebut Timor-Timur, ini juga memiliki visi jauh ke depan. Ia membayangkan gedung ini akan berisi diorama perjuangan yang bisa menceritakan kegagahan pahlawan dan pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Konsepnya kan museum, jadi bisa dijadikan pelajaran oleh siswa-siswi sekolah. Itu nanti akan kami sampaikan ke pengelola, saya kira pikiran positif akan dapat diterima dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu, di dalam gedung juang ini juga akan ada aula besar untuk pertemuan. Aula ini bisa digunakan masyarakat umum untuk berbagai kegiatan. “Dengan begini gedung itu akan ramai, bayangkan kalau veteran saja yang mengisi,” tutupnya.-