Wow, 2.276 Orang Daftar Jadi Petugas Sensus Ekonomi

0
43
Calon petugas sensus sedang mengembalikan formulir pendaftaran.

MALANGVOICE – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang berhasil menjaring 2276 calon petugas Sensus Ekonomi 2016. Para pendaftar itu berasal dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang meliputi Kedungkandang, Sukun, Lowokwaru, Klojen dan Blimbing.

Subject Matter Sensus Ekonomi 2016 BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini menjelaskan, seluruh pendaftar itu akan diseleksi kelengkapan administrasinya sebelum melangkah ke seleksi berikutnya yaitu wawancara hingga nantinya didapat jumlah petugas sensus sebanyak 1.619 orang.

“Sedang kita rampungkan seleksi administrasinya untuk kemudian diumumkan pada 26 Januari mendatang,” kata perempuan berjilbab ini.

Erny melanjutkan, para pendaftar yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara pada 1-15 Februari mendatang. Bedanya, jika pendaftaran dan pengumuman seleksi pertama dilakukan di kantor BPS Kota Malang, maka seleksi wawancara digelar di masing-masing kantor kecamatan.

“Kita lihat kualifikasi dari pendaftar di tes wawancara. Sejauh mana kelayakan mereka untuk menjadi petugas pencacah lapangan,” jelas dia.

Ia menambahkan, seleksi wawancara diperlukan untuk mengetahui sejauh mana komitmen calon petugas sensus untuk melaksanakan tugasnya. Sebab pekerjaan yang dilakukan pada Mei mendatang harus kontinyu dan detil agar bisa mendapatkan data valid dari objek sensus.

“Tiap petugas nantinya akan menyensus sekitar 100 hingga 150 objek bangunan dan orang-orang didalamnya. Petugas nantinya dilengkapi pengenal seperti rompi, topi dan juga ID card,” pungkasnya.