Waspada, Rob Kembali Intai Malang Selatan

0
14
Eko Prasetyo (ist)

MALANGVOICE- Kabar terbaru dan mengejutkan diterima MVoice, siang ini, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, Tanjung Perak, Surabaya.

Koordinator prakirawan, Eko Prasetyo menjelaskan, saat ini kondisi perairan di wilayah Malang Selatan harus diwaspadai, terutama terjadinya gelombang tinggi dan rob.

Gelombangnya meninggi, antara 3 meter hingga 4 meter. Eko juga menambahkan, kecepatan anginnya lebih dari 28 knot atau lebih dari 50 kilometer per jam.

“Lebih rendah sekitar 25 centimeter dibanding beberapa waktu lalu. Namun tetap harus waspada gelombang tinggi dan rob,” tegasnya, melalui pesan singkat yang diterima MVoice, beberapa menit lalu.

Berdasar informasi yang diterima MVoice, kondisi cuaca saat ini menunjukkan adanya indikasi peningkatan kecepatan angin timuran.

Angin timuran terjadi di beberapa lokasi perairan Indonesia. Seperti Laut Jawa, Flores, Banda, Arafuru dan perairan selatan Jawa.

Selain itu, adanya pusat tekanan rendah di Laut Andaman dan di Samudera Hindia barat daya Lampung juga menjadi faktor pemicu tingginya gelombang laut sekitar Samudera Hindia barat Sumatera dan selatan Jawa.